Lapar tengah Malam? Ini 7 cemilan sehat yang nggak bikin gemuk

cemilan sehat

Ngemil di malam hari tidak dianjurkan, tetapi mengabaikan rasa lapar juga bukan ide yang baik. Ada solusi yang bisa Anda makan di tengah malam. Syaratnya pilihlah makan cemilan sehat seperti ini.

Rasa lapar bisa tiba-tiba muncul di malam hari, membuat perut tidak nyaman dan sulit untuk tidur. Keinginan untuk makanan ringan tak tertahankan.

Ngemil larut malam tidak selalu merupakan ide yang buruk, selama Anda memilih camilan yang sehat. Mengutip Reader’s Digest (16/6), ahli gizi Robin Foroutan menyarankan demikian.

“Jika Anda tahu Anda tidak bisa tidur karena lapar, maka ngemil di malam hari bisa jadi ide yang bagus. Ini juga bagus untuk Anda yang kadar gula darahnya sering rendah di malam hari,” kata Foroutan.

Dia menyarankan untuk tetap berpegang pada aturan. Aturan yang dimaksud adalah memilih jajanan yang sehat dan tidak berlebihan.

Berikut 7 rekomendasi cemilan sehat tengah malam yang sehat:

1. Segelas susu skim
Ahli gizi Eshani Ewing menjelaskan bahwa susu kaya akan asam amino yang disebut triptofan, yang membantu memproduksi melatonin dan serotonin. Keduanya membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Melatonin berfungsi untuk memberi sinyal pada tubuh bahwa Anda siap untuk tidur, sedangkan serotonin membantu mengurangi kecemasan sehingga Anda bisa tidur dengan nyenyak.
Selain itu, susu mengandung protein tinggi, yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

2. Segenggam kacang
Foto: Getty Images/Rouzes
Bagi yang sering merasa lapar di malam hari, cobalah kacang-kacangan seperti kacang mete, walnut, atau almond. Ahli gizi Ania M. Jastreboff mengatakan kacang kaya akan lemak sehat, protein, dan serat, yang bila dimakan meningkatkan perasaan kenyang.

Bonus lainnya, kacang juga tidak tinggi kalori. Makan segenggam kacang di malam hari tidak menyebabkan penambahan berat badan.

Berikut 7 rekomendasi cemilan sehat tengah malam yang sehat:

3. Apel dengan Selai Kacang
Camilan tengah malam yang sehat ini enak. Irisan apel yang manis dan renyah dengan selai kacang. Makannya juga bikin kenyang.

Selain apel, pisang adalah pilihan lain. Menurut ahli gizi, menggabungkan karbohidrat dengan protein dalam makanan baik untuk mencegah rasa lapar di malam hari.

Rekomendasi jajanan sehat tidak bikin gemuk ada di halaman selanjutnya.

4. Edamame
Foto: Getty Images/Rouzes
Menu yang populer di restoran sushi, edamame juga bisa menjadi pilihan jika Anda merasa lapar di malam hari. Kacang yang lembut dan gurih ini rendah kalori dan tinggi protein.

Ahli gizi Joy Bauer merekomendasikan bumbu untuk membuatnya terasa lebih enak. “Edamame kukus dengan garam, bubuk jinten, bubuk cabai, dan bubuk paprika untuk camilan larut malam yang lezat,” katanya.

Baca juga:
5 camilan berprotein tinggi yang akan mempercepat penurunan berat badan
5. Popcorn
yang identik dengan jajanan bioskop juga menjadi alternatif yang tepat untuk memuaskan rasa lapar di malam hari. Popcorn tinggi serat dan rendah kalori.

Syaratnya satu, jangan membumbui popcorn dengan terlalu banyak mentega atau penyedap rasa. Anda bisa memberikan rasa dengan menambahkan sedikit minyak dan ditaburi keju parmesan jika suka.

Berikut 7 rekomendasi cemilan sehat tengah malam yang sehat:

6. Pistachio
Foto: Getty Images/Rouzes
Selain almond dan kacang mete, pistachio juga merupakan pilihan tepat untuk camilan malam. Pistachio mengandung lemak, protein, dan serat yang sehat. Ini juga mengandung melatonin, yang membantu Anda tidur lebih nyenyak.

“Segenggam pistachio mengandung 6,5 mg melatonin. Makan mereka lebih baik daripada mengonsumsi suplemen melatonin, yang biasanya hanya mengandung sekitar 5 mg, ”kata Ewing.

Baca juga:
5 alasan makan sebelum lapar lebih baik, sesuai nasehat Nabi Muhammad
7. Secangkir teh herbal
Camilan tengah malam yang sehat ini cocok untuk Anda yang tidak ingin repot menyiapkan menu. Segelas teh herbal adalah solusi sempurna untuk mengalahkan rasa lapar.

Pilih teh herbal tanpa kafein. Ada beberapa jenis di pasaran, di antaranya dengan tambahan rasa seperti madu, vanilla, peppermint, dan kayu manis. Kalau mau kenyang bisa juga ditambah susu.

Baca juga artikel kuliner menarik lainnya di vivaplus.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.